Bangunan Rumah Sehat

bangunan rumah sehat
inspirasi bangunan rumah sehat (sumber: www.asarii.com)

Bangunan Rumah Sehat

Saat membangun rumah ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. Selain nyaman, aspek kesehatan menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan ketika hendak membangun tempat tinggal. Tidak perlu bagus dan mewah, bangunan rumah yang sehat akan memberikan kenyamanan penghuninya untuk beraktivitas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memenuhi kriteria bangunan rumah sehat adalah

 

  1. Ventilasi Udara

Bangunan rumah yang sehat harus memiliki ventilasi udara yang cukup agar sirkulasi udara lancar dan udara menjadi segar. Selain itu, ventilasi udara dapat membuat kadar oksigen di dalam rumah tetap terjaga sekaligus menjaga kelembapan rumah.

Ventilasi udara dapat dibuat dengan memberikan jendela pada tiap-tiap ruangan. Jika tidak memungkinkan dibuat jendela maka dapat dibuat ventilasi melalui lubang-lubang angin. Selain membuat ventilasi udara, membuat taman kecil atau meletakkan beberapa tanaman di dalam rumah dapat membantu produksi oksigen. Hal tersebut akan menimbulkan ruangan terasa lebih segar.

  1. Pencahayaan

Bangunan rumah yang sehat juga harus memiliki pencahayaan yang cukup. Karena rumah yang kurang cahaya matahari selain tidak nyaman juga akan terasa lembap dan rawan muncul bibit penyakit.

Cahaya matahari bisa didapat melalui pembuatan jendela, namun jika tidak memungkinkan, cahaya bisa diperoleh dari genteng kaca.

Penataan Ruangan di Rumah

  1. Atap dan Langit-langit

Genteng tanah liat merupakan jenis atap yang paling cocok untuk rumah di daerah tropis seperti Indonesia. Selain lebih mampu menyerap panas, atap genteng juga lebih mudah untuk didapatkan. Sebaiknya hindari pengunaan atap seng atau asbes, karena dapat menyebabkan hawa ruangan menjadi panas.

Langit-langit yang sehat adalah yang memiliki plafon atau yang bisa mencegah jatuhnya kotoran dari sela-sela atap. Ketinggian langit-langit rumah juga perlu diperhatikan. Karena langit-langit yang terlalu pendek bisa menyebabkan ruangan terasa panas sehingga mengurangi kenyamanan.

  1. Lantai

Ada berbagai jenis lantai rumah seperti semen, ubin, kermik, atau kayu. Syarat yang penting disini adalah tidak mudah berdebu pada musim kemarau dan tidak becek pada musim hujan. Lantai yang basah dan berdebu merupakan sarang penyakit.

Selain itu, lantai juga tidak boleh licin, harus stabil, dan mampu menahan beban perabot rumah di atasnya. Permukaan lantai sebaiknya dinaikkan minimal 20 cm, sehingga saat hujan rumah tidak akan tergenang air.

  1. Tata Ruang

Tata ruang juga merupakan aspek yang penting dalam menjadikan rumah sehat. Ada 3 komponen ruang utama yang wajib dimiliki oleh rumah sehat, yakni kamar tidur, dapur, dan kamar mandi/kakus. Ketiga ruang tersebut sebaiknya terpisah atau memiliki sekat. Kamar tidur memiliki luas yang tidak terlalu sempit bagi penghuninya. Dapur harus memiliki sarana ventilasi memadai, terutama untuk menyalurkan asap masakan serta bahan bakar, agar tidak mudah terjadi kebakaran. Kamar mandi sebaiknya tidak terpisah dari bangunan utama dan memiliki lubang ventilasi.

Selain hal-hal di atas, bangunan rumah yang sehat harus memiliki pembuangan limbah  dan ketersediaan air bersih. Rumah sehat juga sangat ditentukan oleh sikap penghuninya, dari segi kebersihan dan gaya hidup.

Untuk rencana bangun rumah anda, kamilah solusinya. JASA BANGUN MURAH JOGJA, dengan tenaga profesional siap membantu permasalahan anda mengenai bangunan. Informasi lebih lanjut dan konsultasi hubungi 0813-9484-6868

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *