Lantai Kayu sebagai Alternatif

Lantai Kayu sebagai Alternatif

Lantai Kayu sebagai Alternatif

Perpaduan rumah minimalis dengan lantai kayu bukanlah hal yang jarang lagi untuk rumah jaman sekarang. Lantai kayu saat ini sedang banyak diminati banyak orang, terlebih untuk mereka yang sedang ingin membangun rumah baru. Lantai kayu selain memili kesan hangat, juga bisa menyamankan penghuninya selain itu lantai kayu memiliki kesan lebih alami.

Ada beberapa jenis kayu yang dibedakan berdasarkan bahannya.

1. Solid

     Potongan kayu utuh dan dibentuk sedemikian rupa, biasanya pemasangan kayu ini pada kondisi un-finished setelah terpasang baru kemudian dilapisi oleh coating sesuai yang diinginkan. Namun sayangnya kayu ini tidak stabil terhadap penyusutan dan pemuaian. Kayu jenis ini juga tidak tahan terhadap goresan benda tajam.

Kelebihannya permukaannya yang dapat di re- finish sejalan dengan waktu pemakaian sehingga dapat terlihat seperti baru lagi, sifatnya yang bebas alergi dikarenakan 100% alami, cenderung tidak menarik debu, dan yang terpenting, tampilannya yang “asli”, memberikan kesan natural, hangat dan nyaman.

Tips Alternatif

2. Engineered

      Merupakan lantai kayu system layer (engineer wood floor) yang terdiri dari 2 -3 lapisan atau lebih yang dipress dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Lapisan atau layer paling atas adalah lapisan tipis kayu asli (venner). Sedangkan lapisan bawahnya bisa berupa plywood atau HDF(high density fibreboard).

Sehingga anda tidak perlu kuatir karena efek dan tampilannya benar benar seperti kayu solid asli. Kayu jenis ini akan tahan terhadap penyusutan dan pemuaian.

3. Laminate

     Sesuatu yang palsu tidak selalu jelek. Mungkin ini malah menjadi solusi untuk rumah anda. Yang pasti harganya lebih murah dari lantai kayu solid ataupun dengan system layer. Soal ketahanan dan kekuatannya ga kalah dengan engineer wood floor. Kualitas yang baik bisa menahan beban sampai 800 kg. Bahkan jenis laminasi ini lebih tahan terhadap air, api dan goresan.

Jika dibandingkan dengan lantai keramik dan kayu, perawatan lantai kayu terbilang cukup rumit dan membutuhkan ketelatenan penghuninya untuk merawatnya. Dari segi harga, lantai kayu bisa dikatakan sedikit lebih mahal daripada lantai keramik. Namun lantai kayu mampu memberikan kesan hangat pada ruangan anda.

Ingin info pembangunan rumah atau renovasi rumah?

EMKA Architect – Jasa Bangun Rumah di Jogja

Jl. Ki Mangun Sarkoro No 40B Yogyakarta

(0274) 543 242

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *