SIAPKAH ANDA MENGAJUKAN KPR?

Mengajukan KPR
Mengajukan KPR

EMKA KONTRAKTOR– Memiliki rumah sendiri adalah suatu pilihan, karena tidak sedikit orang yang berpikir untuk menyewa dari pada memiliki rumah sendiri. Banyak faktor yang jadi penyebab seseorang akhirnya hanya memilih menyewa. Namun bila kita berpikir lebih mendalam lebih menguntungkan bila kita memiliki rumah sendiri. Banyak fasilitas yang di sediakan pemerintah melalui perbankan untuk membantu dan mempermudah kita untuk memiliki rumah pribadi, salah satunya dengan mengajukan KPR. Kemudahan lainnya adalah dengan adanya kebijakan uang muka KPR yang relatif lebih kecil yaitu 15% dan untuk rumah bersubsidi sebesar 10%.

Namun begitu semua kembali kepada diri kita sendiri, apakah kita sudah siap untuk mengajukan KPR atau belum. Sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR alangkah baiknya kita menyiapkan beberapa hal yang sangat penting agar kedepannya kita tidak merasa menyesal dan benar siap dengan konsekuensi angsuran / cicilan jangka panjang, yang tentunya akan berpengaruh terhadap keuangan kita. Beberapa hal yang mungkin dapat di nilai bahwa anda telah siap KPR adalah beberapa hal berikut:

1. Mempunyai cukup tabungan untuk uang muka

Uang muka KPR rumah jumlahnya tidak sedikit, karenanya kita harus punya cukup tabungan sebelum proses pengajuan KPR. Minimal kita harus menyiapkan 15% sampai dengan 20% dari total harga rumah. Karena uang muka menjadi syarat mutlak untuk pengajuan KPR karenanya mempunyai cukup tabungan sebagai uang muka adalah hal penting yang harus di persiapkan.

2. Tidak mempunyai catatan buruk di bank/ riwayat pinjaman dengan status lancar

Tidak memiliki catatan buruk / status pinjaman di bank lancar menjadi syarat mutlak di setujui atau tidaknya pengajuan KPR kita, Jadi pastikan catatan bank anda lancar sehingga mempermudah proses KPR rumah.

3. Tekad yang bulat untuk memiliki rumah sendiri

Memiliki keputusan dan tekad yang bulat untuk memiliki rumah sendiri di bandingkan dengan menyewa rumah yang hanya menguras tabungan. Keputusan membeli rumah lebih baik karena merupakan aset yang memiliki nilai jual yang tinggi kedepannya.

4. Tidak memiliki hutang yang besar

Tidak memiliki hutang yang besar yang membutuhkan pengeluaran besar setiap bulannya juga menjadi hal yang anda pikirkan atau perlu di persiapkan sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR. Seperti kita tahu bahwa kredit KPR membutuhkan jangka waktu yang relatif lebih lama, karenanya jangan sampai ansuran KPR menjadi beban yang begitu memberatkan karena kita masih mempunyai hutang yang besar untuk kebutuhan yang lain. jadi alangkah baiknya kita tidak mempunyai hutang sebelum mengajukan KPR ke bank.

5. Memiliki tabungan lain

Selain menyiapkan tabungan untuk uang muka KPR, memiliki tabungan yang lain menjadi hal yang patut di persiapkan karena kita tidak pernah tahu kapan kita memiliki kebutuhan mendadak dan mendesak harus kita penuhi. Bila kita memiliki tabungan lain tentu kebutuhan yang mendesak tidak akan mengganggu tabungan uang muka KPR maupun cicilan KPR.

Sudahkah anda menyiapkan beberapa hal diatas? Bila kelima hal tersebut sudah anda persiapkan maka anda sudah siap untuk mengajukan KPR ke bank dan siap menghuni dan menata rumah sesuai dengan selera anda.

Untuk rencana bangunan anda, kamilah solusinya. EMKA KONTRAKTOR sebagai jasa kontraktor di jogja kami melayani bangun baru maupun renovasi baik rumah tinggal, ruko, kost, hotel, gudang, perkantoran maupun yang lainnya. Dengan tenaga profesional kami siap membantu anda mewujudkan impian memiliki rumah dan lainnya. Kami juga bisa membantu untuk pengajuan KPR anda. Tungga apalagi segera hubungi kami untuk konsultasi dan keterangan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *