Apa Saja Tips dan Trik Merenovasi Rumah?

RENOVASI RUMAH

Saat merenovasi rumah perlu adanya sebuah perencanaan yang matang agar dapat mengurangi resiko boros ataupun ketidaksesuaian dengan ide.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Berbicara tentang renovasi rumah tidak melulu mengenai kerusakan, lho. Renovasi rumah merupakan cara me-refresh suasana kehidupan penghuni dengan lingkungan rumah.

Merenovasi rumah tidak berarti merombak seluruh rumah. Teradang beberapa sentuhan minimalis sudah dapat menyegarkan suasana rumah.

Sebelum memutuskan merenovasi rumah, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

APA SAJA TIPS DAN TRIK MERENOVASI RUMAH?

1. Tentukan Titik Renovasi

Jika  Anda berencana merenovasi rumah dengan anggaran tertentu, prioritaskan titik-titik yang mengalami kerusakan. Jika atap atau talang air sudah tidak lagi mampu menampung air hujan, hal itu perlu diutamakan.

Cermati tiap sudut rumah dan catat bagian mana saja yang perlu direnovasi.

2. Tentukan Biaya Pengeluaran

Setelah mencatat titik-titik yang perlu direnovasi, Anda membuat rancangan biaya pengeluaran. Perlu Anda ketahui renovasi rumah lebih baik dipersiapkan sejak jauh hari.

Hal ini menjadi penting agar Anda tidak perlu mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Renovasi rumah tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Pastikan bahwa pemilihan material, proses renovasi, dan desain selalu berpatokan pada anggaran.

3.Survei

Jika rancangan pengeluaran sudah ditentukan, dapat dilanjutkan dengan survei di toko bahan bangunan. Sediakan waktu yang cukup agar bisa membandingkan satu sama lain.

Hindari membeli bahan bangunan di tempat pertama secara langsung. Hal tersebut berguna untuk mendapatkan harga bahan bangunan yang terbaik.

4. Faktor Keselamatan

Meski judulnya renovasi on budget bukan berarti keselamatan anggota keluarga dikesampingkan. Murah sih boleh, tapi kualitas tetap nomor satu. Beberapa material seperti pipa, atap, fondasi, dan rangka atap kudu wajib sesuai standar kualitas.

Cat pelapis dinding luar tidak boleh luput dari perhatian. Pilihlah yang berkualitas meski harga agak mahal.

Pasalnya, cat yang berkualitas baik akan lebih awet melindungi rumah dari paparan cuaca. Jadi, Anda tidak perlu mengecat rumah tiap beberapa tahun.

5. Jasa Kontraktor atau Pemborong?

Jika renovasi yang akan dilakukan tergolong besar, Anda dapat memakai jasa pemborong atau kontraktor. Tentu saja ini berkaitan dengan anggaran yang Anda miliki.

Jika menggunakan jasa pemborong, Anda dapat leluasa berkonsultasi dengan mandor atau tukang bangunan perihal dana yang dimiliki. Hanya saja Anda harus menyediakan bahan bangunan sendiri.

Berbeda lagi dengan kontraktor, Anda tidak perlu memikirkan jenis material bangunan karena sudah disediakan oleh pihak kontraktor.