Pemilihan Lampu Ruangan

Tips Memilih Lampu Ruangan Rumah

 

lampu ruangan rumah

Lampu ruangan bagaimana sih penggunaanya? Lampu merupakan unsur penting bagi setiap rumah. Pencahayaan atau penerangan akan membuat rumah memiliki suasana yang lebih nyaman dan elegan. Apabila Anda  kebingungan untuk memilih lampu yang tepat untuk ruangan di rumah Anda, berikut tips memilih lampu yang tepat.

Digunakan dimana saja lampu ruangan?

Ruang Tamu

Ruang tamu berfungsi sebagai tempat penghuni rumah menjamu tamu. Gunakan general lighting sebagai penerangan utama, variasikan dengan accent lighting pada titik-titik tertentu.

Accent lighthing adalah lampu yang lebih memfokuskan unsur estetikanya daripada fungsinya untuk menerangi ruangan. Dapat juga diartikan sebagai lampu hias yang bisa memperindah ruang tamu.

Gunakan juga lampu sorot kecil untuk menyoroti lukisan atau hiasan lainnya yang terpasang pada ruang tamu tersebut.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga adalah pusat kegiatan dari penghuni rumah. Gunakan teknik penerangan indirect lighting yang tersembunyi di antara dinding dan plafon sebagai penerangan utamanya.

Indirect lingthing adalah pencahayaan tidak langsung, jadi membuat cahaya terpantulkan dulu hingga sampai pada kita.

Keunggulan lampu inderect lighting ini adalah dapat menghasilkan cahaya yang merata dan tentunya tanpa membuat silau mata. Selain itu, dapat membuat ruangan menjadi nyaman dan elegan.

Ruang Makan

Ruang makan merupakan suatu tempat yang menjadi pusat kegiatan makan untuk penghuni rumah. Untuk membuat fokus ke meja makan maka bisa menggunakan lampu gantung dengan kap lampu.

Dengan lampu gantung yang diberi kap lampu cahaya akan dipantulkan penuh ke meja. Selain itu, bisa juga menggunakan general lighting  yang menjadi sumber utama pencahayaan untuk menerangi seluruh ruangan.

Dapat juga dengan menambahkan strip fourescent yang dipasang di sepanjang dinding di antara lemari atas dengan lemari bawah dapur untuk menerangi seluruh meja dapur.

Task lighting merupakan sistem pencahayaan yang difokuskan pada suatu area tertentu guna membantu aktivitas, seperti aktivitas di dapur.

Kamar Tidur

Kamar tidur bisa menggunakan lampu tidur atau lampu baca. Untuk mendapatkan efek menenangkan dan membuat rasa nyaman, gunakan lampu berwarna kuning.

Kamar tidur merupakan tempat untuk istirahat bagi pemiliknya.

Kamar Mandi

Untuk kamar mandi gunakan general lighting di bagian tengah. Selain itu, bisa juga menambahkan lampu di belakang cermin, sehingga cahayanya dapat menyebar.

Pastikan cahaya mengenai wajah, karena cahaya tersebut juga berguna untuk penghuni rumah yang sedang menggunakan cermin tersebut untuk melihat wajahnya.

Untuk menimbulkan rasa santai bisa juga menambahkan kinetic lighting berupa lilin-lilin di beberapa tempat.