TIPS MEMILIH BAHAN BANGUNAN YANG BERKUALITAS

Sebelum anda hendak membangun sebuah rumah, tentu terlebih dahulu Anda akan melakukan berbagai perencanaan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan bahan material bangunan yang hendak digunakan sebagai bahan dasar bangun rumah. Setiap orang termasuk Anda tentu menginginkan bahan bangunan dengan kualitas tinggi. Dalam memilih bahan bangunan tentu terdapat trik khusus dan teknik tersendiri dalam melakukan hal tersebut. Terutama bagi orang-orang yang tak memiliki pengetahuan yang cukup dalam hal bangun rumahrenovasi rumah, dan memahami kualitas material bangunan.

Berikut ini tips memilih banhan bangunan yang berkualitas, yaitu

  • Semen
    Secara umum produk semen yang ada di Indonesia memiliki rata-rata kualitas yang sama. Hanya sedikit sekali yang memiliki selisih kadar kualitas yang berbeda. Karenanya alangkah baiknya jika anda memilih produk semen dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan produk lainnya. Mengingat semua kualitas semen yang ada di Indonesia memiliki rata-rata kualitas yang sama.
  • Pasir
    Pasir yang baik untuk digunakan sebagai bahan dasar bangun rumah adalah pasir yang tidak tercampur dengan lumpur. Dan ini umumnya diperoleh dari penambangan di gunung. Bukan didapatkan dari pantai ataupun sungai. Jika pasir tercampur dengan lumpur, maka akan mengakibatkan pemborosan dalam penggunaan semen ketika proses pengadukan bahan dasar bangunan.
  • Beton
    Besi beton kuno dahulu digunakan banyak orang membangun rumah mempunyai kualitas serta mutu yang baik dibandingkan dengan besi beton sekarang. Fakta tersebut tentu membuat harga besi kuno menjadi lebih mahal. Selain dari faktor kelangkaan dan permintaan yang cukup tinggi dari bahan material tersebut. Sebaiknya anda menggunakan besi beton kuno yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan besi beton sekarang ini.
  • Batu Bata Merah
    Batu bata merah adalah salah satu unsur penting dalam pembangun rumah. Bahan material ini juga dinilai memiliki struktur yang lebih kokoh dan kuat dibandingkan dengan batako. Batu bata merah memiliki keunggulan dalam menyerap kalori (panas) dengan sangat baik sehingga suhu dalam rumah akan terasa lebih segar
  • Kayu
    Unsur kayu juga masih menjadi suatu bagian penting dalam hal bangun rumah. Dalam memilih material kayu yang baik sebaiknya anda memilih kayu yang dioven dan mempunyai kadar air dibawah kisaran 20 persen.
  • Genteng
    Genteng mampu menyerap panas matahari secara optimal. Hal ini tentu berpengaruh pada kesejukan di dalam rumah anda. Anda perlu membuat kerangka kuda-kuda yang kuat agar mampu menahan genteng karena bahan material ini memiliki bobot yang cukup berat.